Fakta Bunga Kamboja

Posted on

Fakta Bunga Kamboja – Bunga kamboja ada yang menyebutnya juga bunga kemboja adalah bunga yang sering ditemukan di tanah kuburan. Padahal, kamboja adalah spesies tanaman hias yang biasanya ditanam di kebun rumah. Bunga kamboja berasal dari amerika tengah dan diperkirakan bahwa kamboja baru tiba di Indonesia selama penjajahan.

Kamboja atau pumeria ditemukan oleh charles plumier seorang ilmuwan Perancis. Meskipun memiliki nama kamboja bunga ini sebenarnya tidak ada hubungannya dengan negara Kamboja. Bunga kamboja adalah bunga dengan mahkota putih, di tengah bunga itu berwarna kuning. Ada juga spesies yang mahkotanya berwarna ungu. Ketinggian pohon bisa mencapai 6 meter.

Fakta Bunga Kamboja

Fakta Bunga Kamboja
Fakta Bunga Kamboja

Bunga Kuburan

Mungkin istilah ini lebih terkait dengan otak kita tentang bunga kamboja. Tapi tahukah Anda mengapa bunga kamboja hampir selalu ditemukan di kuburan.

Alasannya adalah ada mitos tentang seorang wanita yang kekasihnya telah mati. Wanita itu dengan setia menjaga kuburan orang yang dicintai sampai kematiannya. Tak lama kemudian bunga kamboja tumbuh di sekitar tubuhnya.

Sumber lain juga mengatakan bahwa bunga kamboja selalu ditanam di kuburan karena jika diyakini mekar setiap saat, bunganya akan selalu berguguran bahkan pada saat belum layu.

Bunga-bunga segar yang telah gugur inilah yang akan terus berserakan di tanah makam, sehingga makam yang tidak bisa dikunjungi, sudah ditaburi oleh bunga kamboja

Penghias Dekorasi Rumah

Penghias Dekorasi Rumah
Penghias Dekorasi Rumah

Ada mitos bahwa bahaya menanam bunga kamboja di sekitar rumah adalah karena bunga kamboja bisa menjadi sarana untuk makhluk astral berinteraksi

Ternyata hipotesis ini telah lama diabaikan. Sekarang Anda bisa melihat banyak rumah yang menggunakan bunga kamboja untuk menjadi salah satu tanaman hias di halaman.

Tren ini telah terjadi di indonesia sejak awal tahun 2000-an dan masih banyak digunakan oleh masyarakat yang tinggal di perkotaan. Mungkin karena selain perawatannya tidak rumit, bentuk bunga kamboja juga memiliki nilai seni bagi penggemar.

“Bunga Bali”

Bunga Bali
Bunga Bali

Di Indonesia, bunga kamboja juga dikenal sangat identik di Bali, sehingga ada beberapa yang menyebutnya bunga Bali.

Berlawanan dengan kebanyakan orang indonesia, orang Bali yang sebagian besar beragama Hindu sangat peduli dengan bunga kamboja sebagai sesaji. Bunga kamboja memiliki makna filosofis bagi umat hindu.

Berbeda dengan “Kamboja Jepang”

Bunga Kamboja dan bunga adenium umumnya dikenal sebagai “kamboja Jepang”, sebenarnya tidak sama. Bunga kamboja berasal dari klan Plumeria, kamboja jepang dari klan Adenium.

Bunga adenium juga tidak berasal dari jepang, tetapi pertama kali ditemukan dafrika. Entah bagaimana orang menyebutnya “kamboja Jepang”. Mungkin karena ukuran bunga adenium terlalu kecil untuk ukuran bunga kamboja dan karenanya dibandingkan dengan Jepang yang biasanya tidak terlalu tinggi untuk ukuran orang eropa.

Apotek Hidup

Bunga yang berasal dari amerika tengah ini juga dikenal sebagai obat alami untuk berbagai jenis penyakit. Kamboja diyakini menyembuhkan bisul, menghilangkan kutil dan sakit gigi serta mengobati penyakit dalam seperti sembelit.

Demikianlah pembahasan tentang fakta bunga kamboja semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *