Filosofi Bunga Teratai

Posted on

Filosofi Bunga Teratai – Bunga dikenal sebagai simbol keindahan setiap tanaman sehingga bukan hal yang aneh bagi para filsafat untuk menemukan berbagai makna tersembunyi tentang kehidupan dari sebuah bunga.

Salah satunya bisa didapatkan dari bunga teratai. Tanaman dengan daun besar berwarna hijau dan mengambang sering ditemukan di danau, rawa dan. Air yang digunakan sebagai bunga lotus tempat hidup itu kotor, tetapi tampaknya tidak berdampak untuk menunjukkan keindahan bunga teratai.

Filosofi Bunga Teratai

filosofi bunga teratai
filosofi bunga teratai

Filosofi Lingkungan

Untuk bertahan hidup bunga teratai membutuhkan lumpur dan air. Keindahan dan kebersihan bunga teratai tidak terhalangi oleh lingkungan yang kotor dan bau.

Hal ini menunjukkan bahwa manusia sesungguhnya masih saling membutuhkan, bahkan dengan orang yang tidak baik. Tapi itu tidak berarti Anda harus mengikuti dan meniru keburukan yang telah dilakukan orang-orang di sekitarnya.

Filosofi Hidup Singkat

Bunganya sangat indah, sayangnya bunga teratai mekar dalam waktu yang cukup singkat. Beberapa ada yang mekar dimalam hari kemudian layu dipagi harinya yang lain dapat bertahan selama berhari-hari sebelum kelopak terpisah satu per satu.

Pada dasarnya manusia hidup di dunia dalam waktu singkat. Semakin banyak kita menggunakan hidup kita sebaik mungkin, semakin cepat dan pendek waktu hidup kita di dunia.

Filosofi Perbedaan

Tidak seperti tanaman lain pada umumnya, bunga teratai tumbuh di lingkungan yang berbeda seperti air keruh dan baunya tidak sedap. Tetapi teratai mencoba menutupinya dengan daun besar dan bunga indah sehingga penonton dapat lebih fokus pada keindahannya, bukan pada lingkungan sekitarnya.

Dengan cara yang sama, lingkungan keluarga dan masyarakat sekitarnya berbeda dan kita dipandang oleh orang lain karena kesuksesan dianggap sulit. Hal ini bukan halangan untuk mencapai tujuan, meskipun kita dapat mengharumkan lingkungan kita dengan keberhasilan dan kebaikan yang telah kita perjuangkan.

Filosofi Berbuat Baik Tanpa Meminta Balasan

Teratai selalu memberi kebaikan
Teratai selalu memberi kebaikan

Bunga teratai menawarkan banyak manfaat bagi makhluk lain, seperti melindungi ikan dari panas matahari, menjadikan daunnya untuk dijadikan serangga tempat hinggap dan lainnya. Meski yang bisa dilihatnya sepanjang hari adalah tempat tinggal yang kotor.

Karena tindakannya yang selalu membantu, hal tersebut adalah semacam hadiah bagi teratai luar biasa untuk memiliki bunga yang indah dan menjadikannya bunga yang sangat berharga oleh sekelompok orang.

Filosofi untuk Sukses

Teratai juga memiliki ciri khas yang berbeda dari bunga lain: semakin kotor lingkungan tempat tinggal teratai, semakin tinggi kualitas bunga yang tumbuh.

Teratai segera mengajarkan kita untuk menjadikan penghinaan dan tanggapan negatif dari orang lain tentang kita sebagai motivasi dan alasan untuk tidak pernah menyerah, membuat mimpi menjadi kenyataan, dan bukan hanya untuk membuat beban yang kita rasa rendah diri dan berkecil hati.

Simbol Bunga Teratai

Simbol Bunga Teratai
Simbol Bunga Teratai

Bunga Teratai Bagi Umat Hindu

Dalam agama hindu, bunga teratai dilambangkan sebagai kebangkitan karena bunga teratai menguncup pada malam hari (ketika gelap) dan berkembang setelah terkena sinar matahari pertama. Selain itu, bunga teratai juga dilambangkan dengan kemurnian, karena meskipun tumbuh di lumpur, bunga teratai mekar indah tanpa cacat.

Simbol Bunga Teratai Bagi Umat Buddha

Bunga lotus memiliki simbol yang sangat berbeda di benua Asia. Karena menghasilkan bunga dan buah bersama, itu dianggap universal. Menurut penganut buddha, bunga teratai dengan warna berbeda memiliki konotasi berbeda. Misalnya, teratai merah identik dengan cinta dan gairah. Teratai ungu melambangkan kekuatan mistis, teratai putih melambangkan kesucian hati, sedangkan teratai biru melambangkan pengetahuan.

Simbol Bunga Teratai di Mesir Kuno

Bunga teratai melambangkan kesatuan masyarakat bagi masyarakat mesir kuno. Bunga teratai bisa melambangkan “Mesir atas” bersama dengan bunga papirus “Mesir bawah”. Orang Mesir kuno juga sangat mempertimbangkan keberadaan lotus biru yang mewakili “matahari” dan “kelahiran kembali”.

Demikianlah pembahasan tentang filosofi bunga teratai semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *